Menu Melayang

Minggu, 09 Januari 2022

Profil Produsen Jamu Kiringan : Bangkit Mandiri Jamu Kiringan

Seperti yang diketahui bersama, bahwa di kawasan Desa Wisata Jamu Kiringan itu terdapat banyak pengrajin jamu tradisional yang sudah menekuni usahanya selama puluhan tahun. Hal ini tidak mengherankan, karena memang sejak dahulu resep jamu tradisional ini sudah diturunkan dari para leluhur-leluhur sebelumnya yang pernah menjual jamu. Pada kesempatan kali ini, kami ingin menampilkan salah satu profil produsen jamu, baik yang tradisional dalam bentuk cair dan juga jamu instan dalam bentuk bubuk siap seduh.

Bangkit Mandiri adalah salah satu produsen jamu yang masih eksis sampai hari ini. Memulai usaha jamu sejak 20 tahun yang lalu, sekitar tahun 2000 an. Untuk mulai merintis jamu tradisional dalam bentuk cair siap minum. Kemudian baru tahun 2018 mulai melakukan inovasi dengan memproduksi jamu instan bubuk siap seduh. 

Berlokasi di wilayah kawasan RT 02, owner awalnya adalah Ibu Muji Rahayu, namun seiring dengan perkembangan teknologi, beliau mulai melibatkan Danang anak sulungnya dalam melakukan pemasaran dan penjualan jamu instan bubuknya.

Diberi nama Bangkit Mandiri karena awalnya dirintis dari ikut kelompok. Jadi di kampung Kiringan itu awalnya ada beberapa kelompok, yang membuat jamu secara bersamaan, alias bareng-bareng. Namun, lambat laun akhirnya Ibu  Muji Rahayu bisa mandiri sendiri dan mampu mendirikan sendiri usahanya dengan brand merk "Bangkit Mandiri".

Bangkit Mandiri Jamu Kiringan
Salah satu produk jamu instan Bangkit Mandiri

Perlu diketahui bahwa Ibu Muji Rahayu mendapatkan keahlian dalam meramu dan meracik jamu dari neneknya yang sebelumnya juga berjualan jamu. Sejak dahulu dan resepnya sudah diturunkan kepada anak-anaknya turun-temurun dari leluhurnya. Betapa adiluhung karya dari warisan nenek moyang kita ini.

Bangkit Mandiri mulai merintis dalam menjual jamu dengan modal awal kurang lebih 500 ribu rupiah, kemudian bahan-bahan dan empon-empon membeli di sekitar Desa Wisata Jamu Kiringan saja, karena memang biasanya di warung sudah ada yang khusus menjual bahan dan empon-empon jamu. Sehingga memudahkan para pengrajin jamu tradisional untuk mendapatkan bahan-bahan meracik jamu, harga juga jauh lebih murah.

Untuk metode pemasaran awalnya Ibu Muji Rahayu merintis dengan memakai sepeda onthel. Kemudian karena jarak jualnya cukup jauh maka memakai sepeda motor, sehingga membuat lebih cepat dalam menjajakan dagangannya ke konsumen secara langsung. Tidak ada kendala dalam memasarkan jamu secara offline. Lalu, untuk pemasaran secara online sedang merintis dan memasarkan melalui plattform marketplace seperti Lazada, Tokopedia, Shopee, Instagram, Facebook dan sebagainya.

Bangkit Mandiri Jamu Kiringan
Jahe Merah Instan Bangkit Mandiri

Seakan mendapat durian runtuh, ketika di awal merebaknya virus covid-19 ditambah ada statement orang penting di Indonesia tentang manfaat jamu empon-empon, otomatis hal ini menambah penjualan jamu instan Bangkit Mandiri yakni penjualannya lumayan bertambah banyak. Terutama pesanan yang jamu instannya.

Saat ini Bangkit Mandiri fokus memproduksi jamu tradisional siap minum dan jamu instan bubuk siap seduh. Semoga kedepannya bisa lebih mudah pemasarannya, bisa masuk dan diterima ke toko-toko besar dan pusat perbelanjaan. Sepeti toko oleh-oleh wisata di Yogyakarta. Mengingat kota Yogyakarta merupakan salah satu destinasi favorit di Indonesia dan manca negara.

Jika Anda ingin melakukan pemesanan produk jamu Bangkit Mandiri bisa menghubungi di Admin. Jangan lupa sampaikan kalau mendapatkan informasi dari website ini, siapa tahu bisa mendapatkan diskon :)

"Kita harus bangga menjadi pewaris jamu yang legendaris ini dan jangan menyerah untuk melestarikan juga mempromosikan kepada orang lain, " 

Danang memberikan closing statement kepada kami, semoga sukses selalu kawan. (dipa)

Blog Post

Related Post

Back to Top

Cari Artikel